Translate

Friday, May 24, 2013

.KONSEP FERDINAND DE SAUSSURE



Ferdinand de Saussure (1857 – 1913) dianggap sebagai bapak linguistik modern berdasarkan pandangan-pandangan yang dimuat dalam bukunya Course de Linguistique Generale yang disusun dan diterbitkan oleh dua orang muridnya, Charles Bally dan Albert Sechehay tahun 1915.
Pandangan yang dimuat dalam buku tersebut mengenai konsep berikut:
1)  )   Perbedaan signifiant (signifier/الدال/penanda= yang menandai) dan signifie (signified/المدلول/petanda=yang ditandai)
Signifiant adalah citra bunyi atau kesan psikologis bunyi yang timbul dalam pikiran kita, sedangkan signifie adalah pengertian atau kesan makna yang ada dalam pikiran kita. Contoh: runtunan bunyi m a s j i d (signifiant). Signifienya: rumah ibadah umat Islam, tempat medirikan shalat dan kegiaan ibadah lainnya.
Ogden dan Richard mengenalkan tiga istilah: symbol, reference, dan referent, yang lazim disebut segi tiga makna.
Ilustrasi: Tanyakan kepada lima orang yang berasal dari penutur bahasa yang berbeda mengenai suatu referent misalnya 'rumah'
1. Kepada orang Ingggris: 'What is this?'   That is 'a house'
2.  ما هذا؟ ذلك بيت
3. Apa ini? Itu rumah.
4. Apa iki? Iku omah.
5. Naon eta? Eta emah.
Yang berbeda signifiant, signifie atau referentnya?
Mengapa ada rumah gadang, toraja, joglo dsb? Ada unsure-unsur pokok rumah yang apabila tidak ada, tidak disebut rumah.
2) Hubungan sintagmatik/syntagmatic relation/ علاقة أفقية dan paradigmatif/علاقة رأسية /paradigmatic relation.
Di dalam setiap bahasa ada bungan antara satu unsur dengan unsur yang lain. Hubungan tersebut bersifat fungsional, atau bermakna, sehinga jika dirubah akan merubah makna, atau merusaknya.
Contoh hubungan antar bunyi dalam kata :
1.      Sapu
1234
2.      Puas
3421
3.      Apus
2341
4.      Suap
5.      Paus
Hubungan sintagmatik adalah hubungan antara unsur-unsur yang terdapat dalam suatu tuturan, yang tersusun secara berurutan, bersifat linear.
Sedangkan hubungan paradigmatik adalah hubungan unsur-unsur yang terdapat dalam suatu tuturan dengan unsur-unsur sejenis yang tidak terdapat dalam tuturan yang bersangkutan. Hubungan satuan/unit kebahasaan yang sebagian dapat  menggantikan sebagian yang lain dalam kontek yang sama. Contoh: kata 'menangkap' dapat menggantikan kata 'menyadap' dalam 'KPK menyadap tersangka."
Tanda, lambang, symbol dan ikoN
Istilah tersebut di atas perlu penjelasan.
Tanda/sign
3) Telaah sinkronik التزمنية , الوصفيةdan diakronikالتاريخية
Telaah bahasa secara sinkronik adalah mempelajari suatu bahasa pada suatu kurun waktu tertentu saja. Sedangkan telaah bahasa secara diakronik adalah telaah bahasa sepanjang masa, atau sepanjang zaman bahasa itu digunakan oleh para penuturnya.
4) Langage, Langue, dan Parole
La Langue adalah keseluruhan sistem tanda yang berfungsi sebagai alat komunikasi verbal antara para anggota suatu masyarakat bahasa, sifatnya abstrak. Sedangkan yang dimaksud dengan La Parole adalah pemakaian atau realisasi langue oleh masing-masing anggota masyarakat bahasa; sifatnya konkret karena parole itu tidak lain daripada realitas fisis yang berbeda dari orang yang satu dengan orang yang lain.
  

No comments: